Wednesday, August 18, 2010

menyanyi kan gampang, kenapa harus belajar..?

Kemarin tanggal 17 Agustus 2010, saya kebetulan duduk bersebelahan dengan seorang ibu pada saat istirahat setelah kira-kira 3 jam melakukan permainan kelompok di suata acara retreat di sukabumi. Entah kenapa, tiba-tiba ibu ini bertanya kepada saya soal menyanyi..siapa yang menjadi murid saya dan apa saja yang saya ajarkan kepada murid-murid vokal saya. Saya menjawab pertanyaan ibu ini dengan terperinci bahwa setiap murid yang belajar memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing yang berbeda, sehingga saya harus mengajarkan sesuatu yang bisa mengupgrade sisi kelemahan yang paling lemah si murid. dimulai dengan menjelaskan artikulasi a,i,u,e,o, tekhnik pernapasan yang benar, sampai soal musikalitas seseorang. saya menjelaskan hal yang paling sulit bagi saya adalah jika murid saya sama sekali kurang memiliki musikalitas di dalam dirinya, bukan berarti mereka dengan kemampuan musikalitas yang sangat kurang ini tidak bisa menyanyi, pasti bisa, tapi menuntut kekreatifitasan seorang pengajar vokal sehingga waktu demi waktu murid akan memilikinya juga, walaupun perlu diakui, it will take time dari biasanya, tapi dengan kesabaran, kedisiplinan, komitment, baik dari pengajar maupun murid dan orang tua, pasti hasilnya akan memuaskan...
Ini bukan cuma teori atau omong-omong saja, tapi memang sudah saya buktikan kepada 3 orang murid saya terutama 2 diantaranya yang sudah belajar hampir 2 tahun. Tanggal 05 juni 2010 lalu, kami mengadakan konser I Love Indonesia and Nations di TERASKOTA Serpong dan ke dua orang murid saya ini ikut juga dan menyanyikan masing-masing 2 lagu. Setelah selesai konser, orang tua, oma, opa dari kedua anak tersebut mengucapkan terimakasih dengan tulus karena mereka bilang, mereka tidak salah memilih tempat belajar nyanyi dan mereka tidak menyangka karena anak-anak dan cucu-cucu mereka akhirnya bisa nyanyi juga...bahkan oma ini bilang, bahwa oma ini sempet menangis saat cucu-cucu mereka ini sedang menjanyi di atas panggung. ach... lega rasanya...:)
Kembali lagi kepada pertanyaan Ibu ini...selama saya menjelaskan semua hal-hal diatas, dia berkali-kali berkomentar. menyanyi kan gampang kenapa harus belajar... oh ternyata banyak ya yang harus dipelajari dalam menyanyi..
Lalu dia menanyakan apakah selain anak-anak ada juga orang dewasa yang belajar menyanyi di tempat saya...Oh ada bu! jawab saya dengan semangat. Untuk apa ? ibu ini semakin terheran-heran saja. Ya... banyak bu...mereka belajar karena hobi, ada juga seorang dokter yang belajar nyanyi hanya untuk relaksasi, itu yang saya dengar dari murid saya ini, karena bekerja sebagai dokter puluhan tahun, perlu juga suasana baru yang bisa membuat kepenatannya hilang untuk sementara 1 minggu 1 kali. Ibu ini semakin terheran heran. Saya mendengar dia mengatakan oh.. oh gitu ya...oh..dan oh...saya semakin bersemangat menjelaskan tujuan orang-orang dewasa ini belajar menyanyi di tempat saya...apalagi tidak ada satupun diantara murid saya yang dewasa bercita-cita ingin jadi penyanyi...walaupun akhirnya saya mendapat kabar dari salah satu murid saya yang sekolah di china bahwa dia akhirnya mendapatkan 10 besar china Idol, dia pun tidak berminat untuk menjadi penyanyi professional...ibu ini semakin heran..bahkan 99 %murid anak-anak umur 4 - 13 tahun yang saya ajar, orang tua mereka mengirimkan anak-anak mereka di Santie Vocal Studio untuk belajar nyanyi bukan bertujuan untuk menjadi bintang atau penyanyi professional...Jadi untuk apa? kata ibu ini dengan penuh semangat dan penasaran..
Wah..waktu istirahat sudah habis, semua tim harus berbaris lagi karena permainan akan segera dimulai kembali...Oke dech bu, nanti saya lanjutkan lagi ya lain kali...

0 comments:

Post a Comment