Tuesday, April 12, 2011

Berapa lama Saya Harus Belajar Menyanyi? Bagian 3

Wadow.. sudah kelamaan bangeut ni saya libur nulisss...mudah-mudahan tulisan saya masih ditunggu-tunggu ya... ( hehehe, Geer dikit ga papa khan )?
Senang juga bisa membantu membuka wawasan lebih wide...sehingga memudahkan calon murid, murid untuk memahami tentang menyanyi secara lebih detail...
Oke.. kalo gitu, saya akan membahas hal terakhir yang sangat penting untuk bisa mengerti sampai berapa lama sich seharusnya kita belajar menyanyi...Sekedar mengingatkan, yang pertama kita harus mengerti dulu... Seberapa besar rasa Mau atau Ingin kita, kedua Tingkat Intelegensi atau daya tangkap kita dan yang terakhir yang ga kalah penting adalah Disiplin dalam berlatih...

3. Disiplin dalam Berlatih

Nah ini dia yang biasanya murid males untuk lakukan. Selama 8 tahun saya mengajar vokal baik yang privat maupun yang group, anak-anak atau dewasa, profesional atau ibu rumah tangga, pelayan Tuhan atau bukan...jarang sekali ada yang bilang bahwa saya setiap hari atau paling tidak 2 x dalam 1 minggu, practice alias latihan dirumah dalam beberapa waktu lamanya...Hampir semuanya selalu punya alasan masing-masing mengapa mereka tidak bisa atau tidak pernah latihan di rumah...dari yang kecil ( memang masih kecil umur 4 tahun ) sampai yang dewasa ( memang sudah dewasa umur 67 tahun) punya satu alasan yang sama yaitu "Sibuk" atau " Ga Punya Waktu " atau " Ga keburu" atau... sebutin dech sendiri...Miriiip semuanya.
Untuk memaksa murid -murid belajar di rumah, saya biasanya memberikan tugas theory musik dan lagu yag harus dilatih di rumah dan setiap kali mereka datang untuk les, saya selalu sediakan stiker-stiker lucu untuk memberi reward bagi murid anak-anak yang mengerjakan PR theory musik, latihan lagu dirumah dan datang on time. Setiap kali datang, anak akan mendapatkan paling sedikit 4 dan paling banyak bisa mencapai 10 stiker dan setelah terkumpul dalam waktu kurang 1 tahun, mereka akan mendapatkan hadiah sesuai dengan jumlah stiker yang mereka kumpulkan selama 1 tahun dan hadiahnya tentu saja sangat menarik...! Setidaknya dengan cara seperti ini mereka dipaksa untuk belajar walaupun seringkali mereka melakukannya pas sebelum datang di tempat latihan...:) hayooo ketahuan..
Tetapi khusus untuk murid dewasa, tidak mungkin saya kasih stiker...ya khan... kecuali saya.. saya suka sekali stiker lucu...(biasa.... masa kecil kurang bahagia kali ya..).
Tapi khusus untuk murid dewasa saya tidak akan paksa mereka untuk latihan. Karena saya mengerti betul pemikiran orang dewasa berbeda dengan anak-anak..No Pain No Gain..No Practice No Improvement!..


Soooo...Disiplinlah dalam berlatih supaya kemampuan kita dalam menyanyi semakin hari semakin baik supaya satu saat kita diberi kesempatan untuk menyanyi, pendengar bisa menikmati suara kita... The More You Practice, The Better You Will Become!

Jadi, Berapa lama kita harus belajar Nyanyi??? Jawabannya tergantung dari ke tiga hal yang sudah kita bicarakan... Siiiiiiiiiiiiiiiip lah kalau begitu!

Selamat belajar Menyanyi!

1 comments:

liandra loemoet said...

bgaimana sih... cranya mengajari anak menyanyi dengan seru dan menarik...?

Post a Comment