Tuesday, March 15, 2011

Berapa lama Saya Harus Belajar Menyanyi?? Part 2

Hola halo...
Bagaimana, apakah tulisan saya tentang Mau dulu membuka wawasan kalian semua? nah.. sekarang saya mau nyambung lagi pembahasan tentang hal urgent lainnya yang harus dipunyai oleh calon murid atau murid untuk mencapai proses belajar menyanyi secara maksimal.
Yang kedua adalah :

2. Tingkat Intelegensi yang cukup baik

Hah... masa sich.. kok pake intelegensi segala... wong nyanyi tinggal bunyi aja tokh..kok ruwet bangeut.. semua orang dari anak kecil mpe tua juga bisa nyanyi.. lha kok disusahsusahin...welehweleh...piye tokh mbak Santie...?????
Begini ya mbak, bu, pa de , bu de, ci dan koko, oom, dan tante...memang benar kegiatan menyanyi adalah kegiatan yang paling mudah diantara kegiatan seni lain ( sepertinya )...pada waktu anak bayi lahir keluar dari kandungan mamienya.. dia sudah bisa menyanyi, terbukti dia bisa nangis khan? kenapa nangis bisa dibilang nyanyi juga,... coba dengar baik-baik, waktu bayi menangis .. oe oe oe.. apakah ada nada yang naik turun? kalo iya berarti dia sedang menyanyi ... hehehehe.. kenapa karena dia menangis memakai nada-nada yang berbeda...memang benar semua orang bisa menyanyi tanpa terhalang oleh waktu dan tempat. Artinya kegiatan menyanyi tidak memerlukan ruang khusus, dan waktu khusus, Kita bisa lakukan di mana saja.. ya di mana saja dalam arti sebenarnya.. di kantor, di rumah, di mobil sambil nyetir, lagi tiduran, lagi baca, lagi nonton, bahkan pada waktu kita ada di kamar mandi atau toilet, di hutan, dimana saja, dalam keadaan gelap atau terang, hujan atau panas..dalam keadaan senang, sedih, marah, dll , lagi ga ada uang atau lagi banyak uang, tinggal buka mulut lalu... nyanyi dech... lalalalalalala.... bethul tidak?...pasti bethul... kecuali kalo lagi sakit tenggorakan..ya... lebih baik diam supaya cepet sembuh..hehehe:)
Nach masalahnya sekarang adalah apakah nyanyian anda itu enak didengar atau tidak enak..membuat pendengar bisa menikmati atau membuat pendengar kabur...hehehe becanda :)
Yang saya mau bahas adalah nyanyian yang enak untuk di dengar dan bahkan bisa untuk dinikmati...
Dari sekian banyak murid yang belajar di tempat saya.. kemajuan setiap anak itu sangat berbeda-beda. Ada murid yang setiap kali datang belajar, setiap kali itu juga dia mengalami kemajuan, tapi ada juga yang sudah bulanan belajar, tapi kemajuannya sangaaat lambat. Kenapa? Saya berbicara tentang belajar di vocal studio saya ya..maksudnya masalah guru sudah ga perlu diragukan lagi dech kalo di SVS, sangat bertanggung jawab...hehehehe..:) Ada banyak faktor yang menyebabkan lambat dan cepatnya kemajuan murid dalam belajar menyanyi...tapi yang paling menonjol dari semuanya adalah masalah intelegensi...kalo saya pakai bahasa sehari-hari, adanya tingkat kecerdasan yang berbeda-beda...dan sangat erat hubungannya denag daya kreatifitasnya...
Kurikulum yang dibuat untuk Belajar menyanyi di SVS ( Santie Vocal Studio) dibuat sedemikian rupa, maksudnya sesederhana mungkin, supaya semua murid bisa mengerti step by step dalam proses pembelajaran sehingga murid selalu senang dan tidak stress waktu belajar...tapi itupun ternyata, ada saja murid yang tidak bisa menangkap dengan baik apa yang sedang diajarkan. Dan rata-rata terjadi pada murid usia dewasa...dan bukan kepada anak-anak walaupun ada juga anak-anak yang belajar nyanyi tapi mereka pun menhadapi masalah yang sama..akibatnya..seringkali terjadi misunderstanding dalam mereka menerima penjelasan yang berakhir pada latihan yang salah terus menerus. Bayangkan, belajar di SVS maximal 45 menit, belajar di rumah ada 7 hari..seandainya mereka melakukan latihan salah di rumah, apa yang akan terjadi pada waktu mereka harus datang lagi di SVS...kesalahan yang diulang-ulang, menjadi kesalahan yang dianggap benar.. hasilnya saya susah payah lagi untuk mengembalikan pada hal yang benar... kalo ternyata murid menangkap salah lagi... kalian bisa bayangkan apa yang akan terjadi...makanya belajar jadi lama. terasa lammaaaa..
Tingkat kecerdasan juga sangat berpengaruh banyak pada produksi suara yang dihasilkan, kemampuan mendengar nada, penjiwaan..Makanya saya salut kepada orang-orang yang bisa menyanyi dengan baik, enak didengar dan ingin terus mendengarkan suara mereka... berarti tingkat kecerdasan mereka pun sangat baik sehingga daya kreatifitasnya pun bisa terasah dengan sangat baik...Jadi kalo ibu-ibu, ko, ci pa de, bu de pengen tahu jawaban berapa lama belajar nyanyi... ya bisa cek dulu point yang Pertama : ada Kemauan yang besar tidak? dan point yang kedua...Soal intelegensi....

Oke...point yang ke 3 nanti saya share lagi di lain waktu ya... belum makan siang ni...dah jam 2.30 sore.. bentar lagi mau ngajar... semoga bermanfaat ya...God Bless!

1 comments:

Unknown said...

Bu Santie saya tunggu part 3...Berapa Lama Saya Harus Belajar Bernyanyi?

Post a Comment