Friday, March 11, 2011

Berapa lama Saya Harus Belajar Nyanyi ?? Part 1

Halo semuanya... pa kabar..? I hope everything is fine ya..Kali ini saya ingin membagikan pengalaman saya dalam mengajar menyanyi setelah 8 tahun ini.
Setiap kali saya menerima telepon dari calon murid atau calon orang tua murid, ada pertanyaan-pertanyaan yang sama yang sering diajukan kepada saya...tapi salah satu yang saya mau share dengan kalian adalah " Berapa lama anak saya atau saya harus kursus di Santie Vokal Studio supaya saya bisa mahir dalam menyanyi..?

Satu pertanyaan yang simple tapi ga gampang untuk dijawab dengan benar...seringkali di awal bulan bulan pertama saya mengajar sekitar 8 tahun yang lalu, saya punya jawaban-jawaban yang masuk akal tapi tidak sepenuh nya benar...maklum belum banyak pengalaman :) tapi seiring berjalannya waktu dan saya jadi banyak menangani murid dari anak umur 4 tahun sampai 67 tahun baik privat ataupun group..saya melakukan observasi pribadi terhadap ratusan murid-murid tersebut, ternyata ada beberapa hal yang harus dipunyai oleh seorang murid , tapi 3 yang top Urgent yang saya akan bahas sehingga pencapaian proses belajar menyanyi akan maksimal bahkan dalam waktu yang relatif singkat..:)

1. Mau dan Senang

Syarat pertama dan paling utama untuk belajar menyanyi di Santie Vocal Studio adalah Mau dulu..terutama untuk anak-anak. Adalah sangat berat bagi saya untuk mengajar anak-anak yang dipaksa oleh orang tuanya untuk belajar menyanyi walaupun anak ini punya bakat suara yang sangat baik. Bagi saya, bakat adalah no ke sekian tapi Mau dulu adalah No 1. Jadi setiap kali ada calon murid baru khususnya anak-anak, orang tua mereka dipersilahkan untuk datang terlebih dahulu bertemu dengan saya atau kalo perlu ambil trial 1 x 30 menit.. setelah itu baru boleh ambil keputusan apakah akan lanjut atau tidak...kalo murid sudah Mau, bagi saya akan gampang mengajar anak tersebut bahkan banyakdiantaramereka yang selalu menanti-nantikan hari belajar nyanyi di tempat saya..kalo mereka datang belajar dengan hati senang..saya senang sehingga proses belajar akan dalam suasana senang...

 Bayangkan kalo murid les karena dipaksa orang tua, setiap kali datang, suasana hatinya stress, guru jadi stress dan belajar yang hanya 30 menit akan terasa lamaaa bagi anak dan bahkan guru...walaupun saya akan selalu punya cara tersendiri untuk menangani anak-anak seperti itu tapi pencapain proses belajar tetap tidak akan semulus yang Mau..

Sama juga dengan orang dewasa, kalo dia punya keinginan yang sangat besar atau Mau yang besar... akan mudah bagi murid untuk menerima pelajaran dan akan mudah juga bagi guru untuk menyampaikan sesuatu...

Jadi kalo mau mengambil keputusan untuk belajar menyanyi, cek dulu, apakah kalian punya keinginan atau Mau yang cukup besar untuk belajar atau hanya karena teman ada teman atau karena disuruh mama? Kalian sendiri yang memutuskan...point ke 2 dan 3 nanti saya sambung lagi ya.. soalnya sepertinya kepala saya kerasa pening bangeut ni...mungkin terlalu lama di depan komputer..:) ok, semoga bermanfaat ya..:)

0 comments:

Post a Comment