Thursday, August 12, 2010

Semua orang bisa menyanyi

Menyanyi adalah satu kegiatan yang bisa dilakukan oleh semua orang, selama orang itu bisa berbicara, terlepas dari apakah suaranya bagus atau tidak bagus...Semua orang bisa menyanyi!
Lantaran semua bisa melakukannya dengan mudah, sehingga banyak yang tidak menyadari pentingnya belajar menyanyi dengan baik dan benar... Tidak seperti bermain piano, paradigma kita tentang belajar musik piano mengatakan kita perlu kursus untuk bisa menguasai alat musik yang unik ini..dan itu sangat benar! bahkan dibutuhkan belasan tahun atau malah a life time course untuk bisa terus mengembangkan kemampuan kita semakin sempurna.
Saya pernah menghadiri satu acara pelepasan peti jenasah untuk dikuburkan keesokan harinya, sesaat kami sedang menyanyikan lagu-lagu penghiburan bagi keluarga yang sedang berdukacita, saya memperhatikan pemain piano yang mengiringi kami bernyanyi. Saya terkagum-kagum kepada bapa tersebut, karena kelihatannya umurnya sudah cukup tua kira-kira 60 atau 70 tahunan, walaupun permainan pianonya tidak wah tetapi menurut saya indah dan menyentuh jiwa. Setelah selesai acara, saya bersalaman dan memperkenalkan diri tidak lupa memberikan pujian kepada dia. Lalu saya menanyakan berapa lama dia belajar piano. Saya sedikit kaget juga karena ternyata dia baru belajar piano mulai umur 50 tahun sampai saat itu umur 65 tahun, berarti sudah 15 tahun dia belajar dan tidak pernah berhenti. Dia tidak belajar otodidak, tapi ada guru yang mengajarinya...wow hebat!
Sementara banyak orang yang menganggap bahwa dengan mengambil kursus vokal 1 atau 2 bulan saja mereka bisa seperti yang mereka harapkan.Kembali lagi bahwa semua orang bisa menyanyi... tapi tidak semua orang bisa menyanyi dengan baik...bagian inilah yang sering dilupakan orang sehingga masih belum banyak yang menyadari bahwa menyanyipun perlu belajar...Seperti halnya seseorang yang bisa memainkan alat musik piano harus belajar dengan sabar, demikian juga dengan memainkan alat vokal kita.
By the way, saya begitu mengagumi karya Tuhan ini. Saya baru sadar beberapa waktu lalu bahwa kita itu seumpama sebuah alat musik yang mengasilkan suara yang berbeda-beda. Coba tolong sebutkan jumlah total alat musik yang ada di dunia ini. Atau bahkan sudah berapa jumlahnya alat2 musik itu diproduksi lalu kemudian digabungkan. Mungkin Anda sudah menghitungnya, saya kira sebanyak apapun alat musik yang ada tidak akan pernah bisa menyaingi jumlah alat musik yang satu ini. Ya...karena jumlah alat musik ini sama dengan jumlah manusia yang ada sekarang. Mungkin sekitar 6 miliar atau bahkan lebih...karena alat musik itu namanya Manusia.
Satu manusia dengan manusia lainnya memiliki suara yang berbeda walaupun ada yang mirip, tapi tetap saja berbeda. Makanya kita bisa mengenal mereka lewat suara mereka, walaupun kita tidak melihat wajah atau menyentuhnya.
Kalau begitu berarti jenis alat musik yang terkaya , terbanyak, terunik, adalah alat musik yang dinamakan MANUSIA.Dan alat-alat musik manusia ini memiliki nama-nama indah. Seperti, Santi, Samuel, Rinawati, Ardi,stevan, steven, dhame, ariesnawati, tanto, Ps. Yohanes Sudarmadji, Bugem Atiek, Pst Julius, Bugem Travey, Joseph Tommy, Pst Kong, Bugem Nancy, Anthon, Yoyo, bening, Wiwin, Cen-cen, Yeni, Kiner Fernando, K'Raymond, Joshua, Ael, Icha, Pst Ali Darmawan, Bugem Natalie, Louis, Olive, veria, Christ, B'Dirman, B'Uthe dan masiiiih buanyak lagiiii...dan alat-alat musik itu semua teman-teman dan sahabat-sahabat saya lho...:) (Maaf untuk teman dan sahabat yang tidak saya sebutkan, berhubung tempat sangat terbatas, tapi nama-nama kalian ada di hati saya) Saya terkagum-kagum akan karya Tuhan yang LUAR BIASA!
Karya Tuhan yang sudah diberikan kepada kita ini, harus dijaga dengan hati-hati.Dia sudah memberikan potensi besar yang sangat istimewa kepada kita . Tinggal bagaimana kita memainkannya alat musik kita ini. Apakah potensi suara yang istimewa ini akan mampu membuat lain orang lebih mengagumi Sang Pencipta karena mereka bisa menikmati suara kita, atau biasa-biasa saja. Pilihan ada di tangan kita ...
But A hundred percent for sure, we need a life time practice untuk bisa menyanyi dengan hasil yang baik. A healthy and beautiful sound! seperti yang diungkapkan oleh salah dua guru vokal handal di Indonesia, Ibu Catherine Laimena dan Bpk Tommy di Bandung... stidaknya itulah yang sering mereka sebutkan saat mereka sedang mengajar atau memberikan seminar dan workshop...

Saya mau tanya, bagaimana menurut anda, lebih menarik menyaksikan konser menyanyi dengan peserta 20 orang atau konser bermain satu jenis alat musik yang dimainkan oleh 20 orang bergantian...?

Anda boleh mengomentari tulisan saya ini dan menjawab pertanyaannya dengan penjelasan yang masuk akal...komentar dan jawaban yang paling menarik akan kami beri hadiah music gift yang menarik...



3 comments:

Dicko Putra Adam said...

Lebih menarik menyaksikan konser musik dg peserta 20 org daripada menyaksikan 20 orang memainkan alat musik scr bergantian.
alasan:
karena jika menyaksikan 20 org bermain alat musik scr bergantian itu jelas akn membuat kita merasa bosan dan kurang srek, beda dg konser bernyanyi dg psrta 20 orang, karena 20 org memiliki suara yg berbeda" maka itu akan membuat keunikan tersendiri pertunjukan tersebut dan tidak membuat bosan, karena diantara 20 org pasti ada salah satu/bbrp yg gokil yg mmbuat penonton trtawa.

Unknown said...

Saya lebih memilih mendengarkan 20 orang peserta bernyanyi di banding melihat 20 orang memainkan sebuah alat musik secara bergantian. Karena setiap orang dari 20 orang penyanyi memiliki suara yang berbeda beda pastinya, ciri khas masing masing, walau mungkin ada kemiripan yang pada intinya tetap berbeda. Sedangkan 20 orang memainkan sebuah alat musik secara bergantian, menurut saya itu tidak ada perbedaannya, mungkin secara tehnik berpengalaman dalam bermain berbeda beda, tetapi bila hanya memainkan sebuah alat musik dengan 20 orang yang bergantian, tidak akan ada perbedaan yang sangat berbeda karena suara alat musik yang sama atau hanya memainkan sebuah alat musik dari 20 orang tsb.

Unknown said...

mba buka les vocal di bandung ga? infonya dong tolong

Post a Comment